Banyak Kuliner dan Pantai Indah Sepanjang Jalur Pansela

Sate Ayam Khas Ambal! Sate ini merupakan makanan khas sisir selatan Kebumen, yakni di daerah Ambal. Berupa daging ayam yang telah dibumbu gula jawa dan ketumbar.

Bumbu kacang nya sangat khas karena terbuat dari campuran antara tempe rebus, kacang, dan cabai. Berbeda dengan sate madura, penyajiannya menggunakan KETUPAT bukan lontong. Rasa sate ayam nya cukup manis, tapi bumbu kacangnya lebih dominan rasa tempe yg gurih dan sedikit manis. Jadi rasanya BALANCE dan NYOSSSS!

Btw, Sate Ambal ini hanya ada di kawasan Jalur Pansela loh! Pas banget dicobain ketika mudik via Jalur Pansela  *ini ngetik sambil ngiler mbayangin enaknya*

Pokoknya ada banyak sekali pengalaman yang menyenangkan pada saat melewati jalur pansela. Jika kalian seorang traveler sejati, saya sangat menyarankan untuk sesekali mencoba pengalaman tak terlupakan ini.

Masih jadi Anak Pantay!

Tim kami melewati jalur pansela dan sangat menyenangkan sekali karena ada banyak kuliner dan spot-spot menarik yang bisa kamu kunjungi sepanjang jalur ini. Nggak percaya? Ikutin perjalanan ku menyusuri jalur Pansela seminggu ke depan ya!

Tujuan pertama kami adalah mengunjungi pantai – pantai yang ada di jalur ini. Pantai di Kebumen ternyata cantik banget! Setelah tim pansela sampai di Kebumen, kita langsung menuju ke Pantai Menganti. Salah satu pemandangan unik dari Pantai ini adalah view Tebing Karst yang terletak di sisi barat pantai.

Harga tiket masuk di Pantai Menganti ini adalah 12.500, dan akses jalannya juga bener2 bagusss loh! Lokasinya juga ga jauh, cuma 15 menit aja dari Jalur Pansela. Wajib mampir pokoknya!

Yay! Ternyata di perjalanan mudik dari Kebumen, setelah menengok cantiknya Menganti, akhirnya kita mampir juga di Pantai Karang Bolong. Nah pantai ini ternyata deket banget loh dari jalur utama Pansela, cuma 5 menit aja langsung sampai.

Di Pantai ini terdapat lubang karang yang cukup besar di pesisir pantai. Keren! Jangan lupa untuk mampir ke Pantai Karang Bolong yaw kalo kalian lewat Jalur Pansela!

Kumpulan Resep Makanan Mudah dan Lezat

Sapi cah kailan

1/2 kg kailan bersihkan potong2
1/4 kg daging sapi khas dalam potong2 tipis kasih sedikit sagu dan kecap asin aduk rata
3 siung bawang putih keprek
1 ruas jahe iris2

1/2 sdm sagu
1 sdm saos tiram
1 sdm angciu
Sedikit gula
Sedikit garam
1 sdt kaldu jamur
Lada
Air
Semua aduk jadi satu di mangkuk kecil

Tumis bawang putih, jahe sampai wangi masukan daging sapi masak sampai daging empuk masukan kailan aduk agak layu masukan penyedap yg udah di campur air kekentalan menurut selera ya tes rasa angkat.

Soto Medan

1 ekor ayam kampung cuci potong jd 4

5 lembar daun salam
8 lembar daun jeruk
2 batang serei keprek
1 ruas lengkuas keprek
5 bh cengkeh
6 bh kapulaga
1/2 jempol kayu manis
1 bh bunga lawang
2 bh santan Sasa 65 ml
3 liter air

Bumbu halus
10 bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas kunyit
1/2 ruas jahe
2 cubit jintan
1/2 sdt ketumbar
3 butir kemiri

Gula
Garam
Kaldu jamur
Lada

Tambahan
Perkedel
Emping
Bawang goreng
Daun bawang/ seledri
Sambel
Jeruk nipis
Tauge celor bentar
Telur rebus bila suka

Tumis bumbu halus bersama bumbu2 yg lain sampai wangi tuang air masukan ayam , garam, gula , kaldu jamur masak sampai ayam empuk angkat tiriskan ayamnya goreng lalu suir suir

Kuah kaldu tadi didihkan , kecilkan api masukan santan aduk sampai mendidih tes rasa angkat.
Mau makan tinggal tata ayam suir dll di mangkok siram kuah soto.

Son cah tahu
2 bh tahu Cina yg lembut potong2 goreng bntar tiriskan
Udang basah secukupnya
Daging samcan secukupnya ( bisa ganti ayam )
2 siung bawang merah cincang
3 siung bawang putih cincang
4 batang son iris2
Air secukupnya

Gula
Kaldu jamur
Saos tiram
Minyak wijen
Angciu
2 sdm rusip
Garam bila perlu, karna rusip udah asin

Tumis duo bawang sampai wangi masukan daging , udang masak sampai daging berubah warna masukan tahu air sampai tahu ke rendam air dan bumbu2 semua tes rasa masak sampai air agak menyusut angkat. Selamat mencoba resep mudah ini.

Resep Masakan yang Meningkatkan Selera Makan

Kerapu tim ala Thai

1 ekor kerapu cuci bersih iris iris badan nya
3 ikat daun ketumbar
3 bh jeruk nipis ambil air nya
1 ruas gula merah
1 sdm kecap ikan Thai
1 sdm kecap asin angsa
1 sdm gula pasir
2 sdt kaldu jamur
Lada

Haluskan :
4 siung bawang putih
2 bh cabe keriting merah
5 bh cabe rawit merah
5 bh cabe rawit ijo
3 tangkai akar ketumbar

Cincang sisa daun ketumbar campur semua bahan tes rasa

Kukus ikan 15 menit
Lalu buang air ikannya, siram bumbu tadi kukus lagi 20 menit ato sampai matang.

Cukiok woku
1 kg lebih kaki babi cuci bersih rebus bentar buang airnya cuci lagi baru masukan ke dalam panci presto masak 20 menit angkat tiriskan kaldu nya jangan di buang ya

4 lembar daun pandan iris iris
2 batang daun bawang potong panjang
3 ikat daun kemangi
4 bh jeruk nipis
7 tomat ijo iris iris
1 lembar daun kunyit
8 lembar daun jeruk iris iris
3 batang serei keprek
1 ruas Laos keprek

Bumbu halus
20 cabe merah keriting
Segemgam rawit merah
3 ons bawang merah
10 siung bawang putih
1 ruas kunyit
4 bh kemiri kecil
1 ruas jahe

Gula
Garam
Kaldu jamur
Lada

Tumis bumbu bersama serei, Laos sampai wangi baru masukan irisan daun pandan, daun jeruk, daun bawang,kaki babi, kaldu rebusan , penyedap sampai air kering masukan perasan air jeruk tes rasa, pedas, asin, manis,asemnya harus dapat baru masukan daun kemangi angkat

Masak woku bumbu harus banyak baru mantap,saya suka pedas, soal rasa kembali lagi ke selera masing2.

Kemaren pas ke pasar lihat ikan belanak seger seger gak tahan kalau gak beli pada hal stok ikan masih ada di kulkas …. begitu lah emak emak kalau ke pasar.

Tim ikan belanak
1 ekor ikan belanak ( 5,5 gr ) potong jd 3
2 ruas jahe iris2
2 siung bawang putih cincang
Daun bawang
Daun yensui
Rawit utuh
Minyak bawang putih

Kaldu jamur
Garam
Kecap asin
Minyak wijen
Arak masak
Lada

Campur semua bahan kecuali , daun bawang, daun yensui dan minyak bawang putih. Kukus selama 30 menit, setelah matang siram minyak bawang putih dan taburin daun bawang, daun yensui.

Resep Masakan Kreatif Agar Keluarga Anda Tidak Bosan

Beberapa resep makanan terkesan sudah sangat biasa sekali. Agar keluarga anda tidak bosan, masaklah resep – resep dengan kreasi yang kreatif namun juga lezat. Dibawah ini akan dibagikan resep ikan cakalang yang merupakan makanan khas manado yang sangat terkenal. Ada juga salah satu resep chinese food ala restoran yaitu bakmi seafood.

Ikan cakalang masak woku

1/2 ekor ikan asap cakalang saya oven lagi 20 menit potong menurut selera sisihkan

2 lembar daun pandan iris iris
5 lembar daun jeruk sobek sobek
3 lembar daun salam
3 batang serei keprek
Sedikit lengkuas keprek
1 lembar daun kunyit simpulkan
2 batang daun bawang iris iris
3 ikat daun kemangi
6 bh tomat hijau potong2
2 bh jeruk nipis ambil airnya
Segemgam cabe rawit iris iris
100 ml air

Bumbu halus
15 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1 ruas jahe
1/2 ruas kunyit
1.1/2 ons cabe merah keriting
3 bh kemiri

Gula
Garam
Kaldu jamur
Lada

Tumis bumbu halus, serei, lengkuas sampai wangi masukan daun jeruk, daun salam, daun kunyit aduk sampai wangi masukan tomat. Air, penyedap, air jeruk nipis tes rasa , pedas, asem , manis, gurih nya udah dapat masukan ikan masak sampai ikan meresap bumbunya masukan daun kemangi dan daun bawang aduk rata angkat.

Bakmie goreng seafood

1 bungkus mie cap 3ayam
Didihkan air kasih sedikit minyak celor mie nya sebentar aja asal mienya udah buyar tiriskan

1 btng wortel potong korek
2 ikat kucai potong2

Bakso ikan
Bakso sapi
Udang basah
Fish cake

Haluskan
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 btr kemiri

2 sdm saos tiram
Kecap manis secukupnya
2 sdt kaldu jamur
Lada

Tumis bumbu halus sampai wangi masukan isian bakso dll aduk rata sampai matang masukan wortel dan kucai aduk rata masukan saos tiram aduk2 masukan bakmie kecilkan api, tuang kecap manis , kaldu jamur, lada aduk pakai bantuan sumpit sampai kecapnya merata besarkan api masak sampai mie gak basah angkat.
( jangan pakai garam lagi ya, saos tiram dan kaldu jamur udah asin ).

Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Pada Masa Pandemi

Selama masa pandemi, tentu saja makanan yang kita konsumsi akan sangat berpengaruh bagi imunitas. Nah, dibawah ini merupakan beberapa resep makanan sehat yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba!

Pare masak udang tauco
Pare pait gak ? …
Pare gak pait
Biar pare gak pait ?
Belah dua pare buang bijinya iris iris jangan terlalu tipis
Kasih sedikit garam remas remas buang airnya bilas 3x

Pare itu enaakk banyak khasiatnya

Pare udang tauco

1 pare iris iris ikutin cara dibatas
Udang secukupnya
Cabe merah keriting iris
Cabe rawit iris
1 bh tomat merah iris
Air secukupnya
3 siung bawang merah iris
2 siung bawang putih cincang halus

Saos tiram
Tauco medan
Gula
Kaldu jamur
Lada
Garam bila perlu

Tumis duo bawang sampai wangi masukan tomat, udang, cabe, pare, air dan semua bahan tes rasa masak sampai air agak menyusut angkat.

Ayam angkak
Masak pakai goji berries, lotus seed, red dates.
Bagus buat yg lagi gak enak body.
Angkak baik untuk menambah stamina/trombosit. Kalau orang chinese bilang ciakpo / makan sehat

Salam sehat selalu
Bagi teman teman yg lagi isoman tetap semangaaattt

Ayam angkak

1 ekor ayam tim (ayam kampung yg kcl)
2 ruas jahe keprek
2 liter air
1 sdt penuh angkak
1 sdt goji berries
3 bh red dates
5 bh lotus seed
1 sdt gula
11/2 sdt garam
1 sdt kaldu jamur

Potong ayam menjadi 8 ptng
Didihkan air masukkan semua bahan kecuali ayam, didihkan lagi baru masukkan ayamnya masak dengan api kecil 30 menit.

Tim asem jawa ikan kerisi kesukaan paksu
Met maksi semuanya

Salam sehat selalu
Bagi teman teman yg lagi isoman tetap semangaaattt
Semoga cepat sembuh

Tim ikan kerisi

2 ekor ikan kerisi
6 bh bawang merah iris bawangnya. aku suka banyak bawangnya enak
10 cabe rawit utuh
Air asem Jawa
Minyak bawang putih

Penyedap rasa :
Gula
Garam
Kaldu jamur

Caranya:
Campur semua bahan taburin minyak bawang putih di atas menurut selera
Kukus selama 25 mnt
Selamat mencoba

Kreasi Kreatif Makanan Lezat untuk Keluarga Sehat

JAMBU MONYET APA JAMBU METE GENK ?

Buah paling unik, buah lain bijinya di dalam dia mala di luar ya.
Aduh puluhan tahun makfoodies gak makan buah ini, sepet, manis, segernya asli bikin kangen.
Pas pulang anterin cc ketemu ibu2 jualan, langsung de beli 1kg 35rb.
Pas sampai di rumah langsung de bergegas bikin cocolan ala Bangkok
Komposisi : gula merah, gula pasir, garam, terasi sangrai, bon cabe.
Semua jadikan satu ratakan pakai ulekan.
Pas di cocol, Ulalaa segerrnya airnya byk dipadu dengan sambalnya bikin nagih.

KAMU MAU PAHA ATAS APA PAHA BAWAH ?
hari ini emak pilih paha atas aja de.
Goreng dengan bumbu sederhana gak pakek ungkep2, tapi rasa dan teksturnya ciamik
Kulit ayamnya garing pisan, dagingnya jg matang sempurna dan empuk.

Bahan :
6 potong paha ayam bagian atas cuci bersih tiriskan smp benar2 kering. aku pakai ayam boiler ya.
1sdm tepung beras
1sdt garam
1sdt kunyit bubuk aku pakai merk desaku kalau merk lain kurang suka baunya agak menyengat.
1sdt ketumbar bubuk
1,5sdt bawang putih bubuk.

Caranya :
Campur Rata semua bahan lalu diamkan di kulkas 1 jam
Goreng dengan api Kecil hingga matang dan warnanya kuning kecoklatan .
Resep sambal.
Siapakan cabe rawit, cabe keriting sesuai selera, bawang putih 2-3buah lalu ulek hingga halus, tambahkan garam, gula, terasi sangrai sedikit aja.
Ulek ratakan, lalu siram dengan minyak panas.

SENGKEL SAPI KENTANG

Sengkel ini aku presto ya manteman supaya benar2 lembut. Bpk sama anaknya anti makanan keras

Resepnya :
Haluskan bawang merah, bawang putih, dan kemiri
Lalu tumis, tambahkan serei geprek, masukan sengkel tumis sebentar tambahkan saos tiram, kecap asin, kecap inggris dan kecap manis, aduk2 lalu tambahkan gula, garam, penyedap lalu tuang air secukupnya.
Pindahkan ke panci presto, lalu masak 20menit, matikan api tunggu hingga Aman di buka, koreksi rasa, lalu masukan kentang.
Tutup panci, nyalakan lagi api, masak 10menit dan siap disajikan.

Kumpulan Resep Makanan Sederhana dan Gampang

TUMIS TERI KECOMBRANG

Teri asin yg kreyes2 ditumis dengan bunga kecombrang yg harum plus giok khatulistiwa rasa emejing banget

Yg belum pernah cobain kecombrang adakah ?

Resep selera mamak:
100gr teri asin cuci bersih lalu goreng 1/2 kering
1 buah bunga kecombrang iris2
2 papan pete
Bumbu :
6 bawang merah
3 bawang putih
Cabe secukupnya.
1sdm gula aren bubuk
3/4 sdt garam
20ml air.

Tumis bumbu, masukan Kecombrang, pete, teri.
Masukan gula merah, garam, sedikit air.
Masak hinggak meresap angkat.

CREAMY NOODLE

Syedep apalagi makannya ditambah sambal sama jeruk nipis.
Ulala syedep shay.
Bikinnya gampang.
Kalau kalian bikin jgn lupa tag mamak ya.

I. siapkan mie, merk apa aja aku pakai mie gaga instan rebus sisihkan.

II. Bahan Kuahnya :
1 bawang bombai uk.kecil rajang halus.
2 sdm maegarin
450ml susu UHT
600ml air
1/2 sdt lada bubuk
1sdt penyedap jamur
2sdt kaldu ayam bubuk totele
Garam secukupnya.
Udang secukupnya. Bisa ganti ayam fillet ya.

Tumis bawang bombai dgn margarin smp wangi. Masukan udang. Tuang air dan susu, tambahkan semua bumbu, masak hingga mendidih, matikan api.

Penyajian :
Tata mie di mangkok, lalu siram dgn kuah.

Mienya pakai mie apa aja boleh.
Mamak pakai mie merk Yi Jian.

Bahan kuah :
2 gelas air kurang lb 600cc
1,5 sdm beef bone.broth
2sdm pasta cabe gochujang
1sdm Miso mikochan
1sdm minyak bawang putih
1sdt minyak wijen
1/2 sdm minyak cabe
Penyedap jamur secukupnya
20 ml susu evaporasi.
Campur semua bahan rebus sambil di aduk sampai rata.
Jika sudah mendidih, angkat lalu siram di mie.

Toping bebas mau pakai apa aja. X ini mamak pakai beef saikoro steak.

Kalau buat anak2 bahannya sama tapi jangan masukin saos cabe dan minyak cabe ya
Anak2 ku suka banget, smp nambah

Resep
300gr daging ayam giling (paha+dada)
5btg buncis iris2
1/2 buah wortel iris kotak2 kecil
1/4 bagian, bawang bombai rajang halus
1sdt gula pasir
1sdt garam
1sdt penyedap jamur
2sdm sagu
1sdm terigu.
3 sdm air.

Campur semua bahan jd 1. Bentuk bola2, lumurkan dgn tepung panir.
Diamkan dlm kulkas min 1jam, supaya tepung nempel sempurna.
Goreng dgn api kecil hingga matang.

Dessert Enak dan Segar untuk Menemani Sore Hari

Bikin dessert sendiri ternyata gampang loh teman – teman. Berikut ini cemilan yang bisa anda buat dengan gampang di rumah dan bisa dijadikan teman sore hari pada saat tersantai. Nah disini kita akan membahas beberapa dessert yang sangat mudah sekali. Kamu juga bisa menemukan bahan cemilan ini dimana saja. Yuk mari disimak cemilan berikut ini :

SINGKONG THAI MANGGA
. 1 kg singkong pot sesuai selera
. 5 sdm gulpas
. 2 sdm SKM
. 500 ml air putih
. 2 lbr daun pandan
. Buah mangga (me, gedong gincu) pot sesuai selera sbg topping dessert

*Fla/Areh :
. 65ml santan kara
. 200ml air putih
. 1/2sdt garam
. 1/2sdm maizena larutkan sdkit air
. 1lbr daun pandan

**. Didihkan air masukan singkong, dn pandan tunggu sampai lunak, masukan gulpas, skm, tes rasa, angkat
.fla : didihkan air, kecilkan api, masukan santan, dn pandan, garam, setelah matang tuang larutan maizena, stlh meletup2 matikan kompor
. Tata singkong diatas piring, tuang fla beri potongan mangga

PANCAKE PISANG
– Bahan :
. 3bh pisang ambon/raja . 200gr tepung terigu
. 2btr telor . 100gr gulpas
. 1/2sdt vanili
. 1/2sdt baking powder
. 300ml susu cair UHT
. 40gr blue band cairkan

– Topping :
. Madu
. Gula halus

– Cara :
. Haluskan pisang dengan garpu lalu beri 2 kuning telor aduk rata sisihkan
. Kocok 2 putih telor dengan whisk sampai berbusa lalu tuang gulpas dikit demi sedikit sampai habis dan larut sisihkan
. Ayak terigu, bp, vanili lalu tuang susu dan aduk sampai merata. Lalu tuang kocokan putih telor, aduk merata, tuang lagi adonan pisang aduk merata, terakhir tuang blue band, aduk merata
. Panaskan teflon tuang 1sdk sayur adonan tutup teflon kurleb 2menit, lalu dibalik tutup lagi teflon kurleb 2menit, angkat
. Masak semua sampai adonan habis
. Beri topping gula halus dan madu/sesuai selera
. Sajikan

PISANG PENYET
– Bahan :
. 8bh pisang raja kupas penyet
. Margarin

– Topping :
. SKM
. Meises . Keju

– Cara :
. Goreng pisang di teflon dengan margarin sampai kuning kecoklatan
. Beri toppping meises, keju, SKM atau sesuai selera
. Sajikan dan habiskan selagi hangat

Review Makanan Jakarta yang Harus Kalian Coba

Bakso dibuat dari daging paha & iga sapi

Hujan gini langsung aja gue samperin bakso majikan yang baru buka di duren tiga raya dan seperti biasa gue pesen Bakso Spesial Majikan ( yang isi nya ada bakso cabe, bakso keju, bakso telor, bakso smoke beef dan bakso kornet).

Dan uniknya lagi disini Bakso dibuat dari daging paha sapi dan iga sapi jadi lembut banget bakso nya, kuah nya gurih, berbeda dari bakso yang dijual, paling penting No msg, tdk ada pengawet, tdk ada pengenyal dan makanan ini halal ya.

bakso majikan
📍Jl. Duren tiga raya No. 6A
Pancoran, Jakarta Selatan
📱085718999450

Gula nya campuran buah.
Citra rasa nya beda

Guys harus cobain es teler di bakso majikan
Karena gula nya beda dan istimewa, gula nya campuran buah dan citra rasa nya beda. Buah nya ada mangga, alpukat dan kelapa. Cocok di makan pas lagi panas2 nya heheeh

bakso majikan
📍Jl. Duren tiga raya No. 6A
Pancoran, Jakarta Selatan
📱085718999450

Biasa kalian ke ITC shopping dulu apa jajan dulu? Kalo aku sih jajan dulu baru shopping biar seterong

Ada kantin yang enak dan komplit harus di coba di ITC namanya kantinsy di sini komplit dan kue nya lengkap, kemarin itu bawa cousins ke sini terus order nya sampe khilaf

Kalau kesini, selain tempat makannya sekarang sudah luas banget, jenis pilihan makanannya berlimpah banget nih
Rekomen yang kemarin kita makan ada :
1. Bihun
2. Bakso goreng
3. Siomai ibab
4. Lupis
5. Kue talam
Dan masih banyak menu yang lain harus di coba

🎥 kantinsy 📌ITC Mangdu Lt4 blok D
Jakarta utara

Ada yang tahu ga, kenapa jualan bakmi depan sekolah ?
Yang jawaban paling menarik ntar jalan2 sama ngko nya

Btw yang jualan bakmi udh lama banget nongkrong disitu, paling rame dan paling enak disitu terus harga ekonomis dan bikin nambah

Bakmi Ayen 📍 Dekat Skul Cicilia
Pademangan 2 gang 21
Jakarta utara

Resep Makanan Mudah Kurang Dari 1 Jam

APEM NANGKA

. Bahan Utama :
. 300 gr tpg beras
. 75 gr tpg terigu
. 1½ sdt ragi instan

. Bahan Tambahan :
. 3 btr telur
. 200 gr gulpas
. 1 sdt vanili cair
. 200 gr tape singkong, lumatkan
. 180 ml susu cair
. 375 ml santan
. 150 gr nangka matang, iris kecil

. Cara Membuat :
. Tpg beras, tpg terigu, ragi tuang di baskom. Tuang susu & santan. Aduk sampai tidak bergerindil & sisihkan.
. Kocok telur, vanili, gulpas. Aduk sampai gula larut. Tuang ke adonan tepung tadi.
. Lalu masukkan tape & buah nangka. Aduk lagi sampai tercampur merata.
. Diamkan adonan, tutup dengan kain bersih 1 jam sisihkan.
. Panaskan cetakan kue lumpur. Lalu tuang adonan ke cetakan ¾. Tutup masak dengan api kecil sampai matang.
. Lakukan sampai adonan habis & sajikan.

MIE GORENG NDESO

. Bahan :
. 500 gr mie basah
. 1 btr telur
. Kekian Jawa / Dos
. 1 Ikat Sawi Ijo – potong²
. Kol secukupnya – rajang
. 1 btg daun bawang – potong²
. 1 btg seledri – potong²
. 5 sdm kecap manis
. 1 sdm gulpas
. 2 sdt garam
. 2 sdt kaldu jamur
. ½ sdt lada bubuk
. 50 ml air putih

. Bumbu Uleg :
. 4 baput kating
. 2 btr kemiri sangrai
. 1 sdt udang kering

. Cara Membuat :
. Cuci bersih mie basah.
. Tumis bumbu uleg, telur, kekian, sayuran, kecap manis, garam, gulpas, kaldu jamur, lada, air. Masukkan mie basah.
. Masak sampai meresap bumbu.
. Tes rasa & sajikan.

Bakwan Kriuk

. Bahan :
. 7 sdm Terigu serbaguna
. 2 sdm Tapioka
. 2 baput haluskan
. Garam
. 1 sdt gulpas
. 1 sdt kaldu jamur
. ½ sdt lada bubuk
. Segenggam tauge
. Kol secukupnya rajang halus
. 1 wortel rajang korek api
. 1 btg daun bawang rajang halus
. Air putih secukupnya

. Cara membuat :
. Campur merata adonan, tes rasa.
. Panaskan minyak, goreng sesuai selera sampai coklat keemasan.
. Sajikan

CILOK

. Bahan :
. Terigu serbaguna 125gr
. Tapioka 125gr
. Air panas secukupnya
. 3 baput kating – ulek
. ½ sdt lada bubuk
. 1 sdt kaldu ayam bubuk
. Garam
. 2 btg daun bawang – rajang halus

. Cara membuat :
. Terigu, tapioka, garam, lada, kaldu ayam bubuk, baput, uleni merata & tuang dikit sedikit air panas. Jika kebanyakan air tambahkan lagi terigu tapioka. Takarannya tetap 1 : 1 ya.
. Masukkan daun bawang, uleni & bikin bola² sesuai selera.
. Didihkan air rebus cilok, bila sudah mengapung berarti cilok sudah matang.
. Tambahkan bumbu kacang atau bumbu yang lain nya sesuai selera masing² ya.

Apa Sih Abalone ? Kok Memiliki Harga yang Mahal ?

Abalone adalah kelompok moluska gastropoda yang terdapat di laut – laut besar. Abalone atau siput laut berukuran besar kebanyakan ditemukan di perairan dingin New Zealand, Australia, Afrika Selatan dan Jepang. Hewan ini memiliki daging yang sangat lezat, beraroma, dan memiliki harga yang cukup mahal.

Biasanya dihidangkan pada restoran – restoran menengah keatas. Harga satuan dari abalone saja bisa mencapai jutaan. Selain karena memiliki rasa yang lezat, proses penangkapannya juga menjadi salah satu penyebab harga dari hewan ini sangat mahal.

Apa Sih Abalone ?

Abalone merupakan kelompok gastropoda moluska yang hidup di perairan asin pesisir. Ukuran dari hewan tersebut berkisar sekitar kepalan tangan orang dewasa. Siput ini memiliki cangkang tunggal yang cukup keras di bagian atas dan menggunakan kakinya yang besar untuk menempel pada batu dan memakan biota laut. Cangkang abalon berbentuk pipih dan berbentuk spiral dengan beberapa lubang kecil di tepinya.

Karena peraturan dan beberapa syarat bahwa abalone memerlukan persiapan khusus sebelum dimakan, oleh karena itu biayanya mahal. Abalone memiliki daging yang empuk dalam cangkangnya, untuk mengambilnya pun harus hati hati. Tekstrur dari agingnya terasa manis, asin, dan ada rasa mentega sedikit.

Cara Menyajikan Abalone

Untuk menyajikan abalone, pertama – tama harus dipisahkan terlebih dahulu dari cangkangnya lalu dibersihkan, dan dihaluskan. Daging abalone menempel pada cangkangnya dengan otot yang sangat kuat di bagian bawah. Untuk mengeluarkan daging dari cangkangnya, gunakanlah sendok atau spatula kayu yang rata.

Cara penyajian abalone beragam, ada yang direndam lalu di makan mentah – mentah, direbus, digoreng atau dibekukan sebelum dikupas. Isi perut dari abalone ada yang bisa dimakan, bagian dasar yang berwarna hitam dapat dibersihkan terlebih dahulu dan kulit luar yang keras kemudian diangkat.

Daging abalone yang sudah dibersihkan perlu diolah kembali, biasanya  dengan menggiling secara utuh atau dalam potongan tebal. Bisa juga di sajikan dengan metode memasak yang lama. Dagingnya yang empuk akan mengikuti rasa makanan lain yang dimasak dengannya, jadi biasanya daging dari abalone tersebut merupakan bumbu yang ringan.

Diperlakukan dengan sangat hati-hati, abalone sering kali digoreng dengan lembut dan cepat dalam wajan, terkadang ada yang dikukus atau direbus. Bagi orang Jepang, biasanya mereka memakan abalone secara mentah.

Kandungan nutrisi pada abalone

Abalone adalah siput lain yang memiliki protein tinggi yang rendah lemak dan kolesterol. Daging hewan ini penuh nutrisi dan para peneliti mengatakan bahwa ia memiliki manfaat sebagai antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, dan antikanker bagi tubuh manusia.

Abalone adalah sumber asam lemak omega 3 yang baik, yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Omega 3 berfungsi untuk menurunkan risiko terkenanya penyakit jantung dan meredakan rasa nyeri pada sendi. Ini dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kandungan yodium dalam tubuh.

Sebenarnya orang mengkonsumsi ini bukan untuk mencari kesehatannya, namun untuk menikmati dari rasa hewan ini. Dengan harga yang cukup mahal, makanan ini banyak diminati di berbagai negara. Biasanya hewan ini juga dijuluki sebagai wagyu nya hewan laut.