Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

Buah Kiwi Рadalah buah yang berasal dari negara Tiongkok namun lebih populer dan menjadi buah khas dari negara Selandia Baru. Buah kiwi sebenarnya termasuk buah beri yang berukuran besar dan berasal dari salah satu spesies pohon merambat yaitu genus Actinidia.

Meskipun kiwi bukan dari Indonesia, buah satu ini cukup banyak peminatnya karena memiliki rasa yang menyegarkan dan nikmat.

Kiwi memiliki bentuk yang lonjong dengan ukuran rata-rata seperti telur ayam. Kulit buah kiwi biasanya dilapisi dengan bulu halus, berserat, dan berwarna cokelat kehijauan. Untuk daging buahnya berwarna hijau dengan biji kecil mengelilingi bagian tengahnya.

Sama seperti buah lain, buah kiwi juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi sebagi berikut: protein, serat, sukrosa, glukosa, fruktosa, vitamin C, vitamin K, kalium, kalsium, dan magnesium.

Dengan gizi dan nutrisi tersebut, buah kiwi dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti:

1. Mengurangi risiko cacat lahir pada bayi
Buah kiwi memiliki kandungan folat, kandungan ini dapat mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi karena folat membantu proses pembelahan dan pembentukan sel-sel pada janin.

2. Mencegah kebutaan
Kiwi mengandung zeaxanthin yang berfungsi untuk mengurangi risiko gangguan fungsi retina dan degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan. Agar khasiat yang di dapat lebih maksimal, Anda harus mengonsumsinya bersama dengan sayuran dan buah lain yang mengandung antioksidan karotenoid.

3. Meredakan asma
Buah ini kaya akan vitamin C yang sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak yang menderita asma. Buah yang tinggi kandungan vitamin C diyakini dapat mengurangi mengi atau gangguan pernapasan yang tersendat.

4. Melancarkan pencernaan
Buah kiwi mengandung serat, enzim actinidin dan komponen fenolik serta merupakan sumber prebiotik yang dapat menambah jumlah bakteri baik di dalam pencernaan. Selain melancarkan, kiwi juga dapat mencegah berbagai masalah pencernaan seperti diare, konstipasi dan mual.

5. Mencegah kanker
Kiwi dapat mencegah stres oksidatif yang merusak sel-sel sehat dan penyebab utama terjadinya kanker. Buah kiwi kaya akan antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung alami untuk sel di dalam tubuh agar tetap sehat sehingga terhindar dari kanker.

Kulit buah kiwi sering dianggap tidak layak dimakan, namun banyak orang yang tidak tahu bahwa kulit buah ini mengandung nutrisi yang tidak kalah melimpah dengan daging buahnya.